Langsung ke konten utama

Throwback pengalaman masa krucil doeloe


--lagi ngelamun ke maybe around +/- 20thn yang lalu
(kerjaan yang baru ga hetic ya??? kebanyakan ngelamunnya ni)
.
.
.
.

Sejujurnya gw tuh anaknya ga kuat kuat banget lo.. Kalo emang gw ga nangis pas hari pertama sekolah (waktu TK dulu) itu karena emang gw nahan nangis.. dan masih coba connect dengan keadaan.. 'ini lagi ngapain sih..' or 'kok mama ga ada..' or 'kok ada anak kecil nangis' etc...
Mantan gw dulu pernah bilang kaloo pada dasarnya.. gw meng-image kan diri gw sebagai pribadi yang kuat.. but somehow deep down inside itu.. rapuh juga, se rapuh  dan melow .. lagu nya rinto harahap..

Bayangkan sekolah dasar (SD) yang berbasis Katholik, dengan beberapa guru itu suster Katholik. Terkenal sama aturannya yang strick-tegas-keras-disiplin endes bre endes bra (dan semua semua nya.. ah pasti pada paham la.. sekolah Katholik pegimana).. Ga pegitu masalah si kalo masalah aturan.. gw pun ga aneh aneh deh waktu SD..
1 Hal yang jadi struggle terberat gua saat itu adalah... gurunya yang super galak (kalo menurut gw). Gua ga gitu paham/inget kejadiannya gimana. But 1 hal yang membekas adalah, gua takut banget sama guru itu karena dia sempet kasi statement di depan kelas gini... 'AWAS YA BERANI RIBUT DI KELAS, SUSTER CONGKEL MATA NYA, SUSTER TARO DI PAPAN TULIS'
omajang.... KECUT gw KECUT.. entah kenapa, kata katanya bener bener horor.. gua tuh lgs ga berani ngomong sama sekali, ga berani noleh kemana mana selain ke papan tulis. Pokoknya, tiap jam pelajaran beliau, buku udah di atur posisinya, pensil dah diserut dan sejajar buku, kaki rapih, tangan lipet di meja, dan mata ga berkedip ke papantulis.. PIPIS pun ditahan!!


Stress ga sih lu.. di decade awal awal hidup lo... Lo dah berjuang biar mata lo ga dicongkel! Nape keliatannya cuma gw aja yang stress ya..( gw ga tau sih.. temen gw yang laen stress ga ya.. kan ga berani nanya juga..) Or maybe temen gw yang laen dah 1 level lebih maju kali ya pemikirannya daripada gw. 'Gile aje tu guru... mao masuk penjara apa.. mata anak di congkel di depan kelas' maybe temen gw pada mikir gitu kali ya.. jadi kaga pada sutrisno (read:stress) kaya gue.

Gua ga comel, dikit dikit ngadu ke bonyok si soal sekolahan.. Lagian menurut gw, kalo gw kebanyakan ngadu.. yang ada cubitannya juga di tambahin sama si mama.. kaga kaya anak jaman sekarang.. entah beneran dicubit/engga.. Gurunya bisa masuk penjara.

Meski pun penuh guru yang killer.. plus nyeremin.. gua survive juga sih lulus (or lolos) dari SD. haha.. But dengan catatan.. ada dalam 1 periode waktu gw ngeluh sakit peruuuuuut melulu ke mama gw. Gua ga tau kenapa.. but emang tuh perut sakit melilit banget.. Saat itu gw gonta ganti dokter dari 1 RS ke RS lainnya sampe akhirnya di rujuk ke spesialis penyakit dalam. Udah beberapa check kita jalani dari darah, urin, sampe usg.. ga ketauan sebabnya apa. Sampe si dokter bilang.. kita harus masukin beberapa alat perut nya dan kita liat ada masalah apa di perutnya.. dan kita baru bisa simpulin apa penyebab sakit perut saya saat itu.. Reaksi mama ituuu lgs nangis.. karena overwhelm banget kali ya.. kalo gw si ga gitu ngudeng.. dan masih loading kenapa mama nangis ya..

Mungkin saat itu saya kelas 4 ato 5 sd.. Saya lupa deh persisnya. Tapi saya masih inget... ke perut saya di masukin cairan warna putih dan anget gitu.. terus nanti ada kamera-layar gitu.. kita bisa liat.. alur cairannya kemana.. untuk identifikasi ada masalah apa dalam pencernaan saya. Mama ada selalu sih untuk temenin. Hasil akhirnya.. adalah.. PENCERNAAN SAYA SEHAT dong sodara2.. haha.. Praise GOD! :D so dokter simpulkan saya SUTRISNO.. setressss.

But ya..
gw pasti sakit perut kalo ngehadepin ujian, guru galak, lupa bawa buku tugas, ulangan belum di tandatangan dll.

I dont blame the school.. the teacher ato apapun. mama gua juga ga langsung serta merta bikin surat ke sekolah.. 'Bu guru, ini anak bawang ya.. ga bole di jutekin.. di lirik sinis aja ga bole yaa'.. Tapi lebih ke gimana caranya si anak bawang ini bisa manage stress nya dia. HELOW.. di dunia jaman dulu dan sampai kapanpun ya pasti ada lah namanya tekanan/stress.

Manage stress ini emang bener bener lifetime process banget ye.. Buktinya emang sampe sekarang gw masih aja suka sakit perut mulilit tiba2. Mo kencan pertama, wawancara kerja, presentasi dll ada aja prosesi melilit.. disamping emang harus menunaikan si big business juga self hipnosis.. 'all iz well,all iz well....,all...... iz.... well...... breath in.. breath out...'


Yah ketauan deh... deep down inside Rinto banget...
ok take note ya... kalo marah sama saya, jangan keji keji banget ya.. Soalnya bawaannya jadi pengen.
.
.
.
pengen bikin lagu...

'caci maki saja diiiiriiikuuu bila itu bisa membuat mu... kembali bersinar dan berpijar.. sepertiiii dulu kalaaa...' Dan-Sheila on 7

Komentar

  1. cieh yg deep down itu rapuh, hahahaha. gw jg gitu dulu takut sama guru SD. Takut sama mama jg. guru SD bikin ga bole pipis, mama bikin ga ada uang jajan. Enakan ke papa, orangnya super santai dan banyak duit (pemikiran gw waktu jaman itu).

    Jd kebayang kalo gw punya anak. Mau dididik kaya apa ya? Kalo dimarahin kaya dulu mama marah ke gw, ntar malah kekerasan pada anak. hahaha

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Catatan nyari daycare untuk si unyilku di Bangsar Area, Kuala Lumpur.

Berhubung emang area kerja di seputaran Bangsar / Bangsar South, kita lagi nyari nih daycare untuk si unyil kita (15 bulan). Nyarinya seputaran tempat kerja.. jadi bisa meminimalisasikan macet pas jemput dia. Kan biasanya suka di denda tuh kalo jemput nya telat.. Mari kita list kan semua daycare.. dan kita update lagi selanjutnya.. ( update-an ke 2 )   1 Taska Alam Permainan Kanak-Kanak 42, Jalan Limau Kasturi, Bangsar Park, Bangsar, 59000 Kuala Lumpur 03-22820817 2 Taska Montessori Saya 117, Jalan Telawi Bangsar Baru, 59100 Kuala Lumpur. 03-22870837 3 Taska KTMB Ruang Legar, Tkt Bawah Blok 6, Pangsapuri KTMB, 59000 Kuala Lumpur 03-22871323 4 Taska Permata Penyayang Kasih (TASKOM) 96-00-06 & 07, PPR Kg Limau, Jalan Pantai Dalam 59200 Kuala Lumpur 014-7324855 019-6681762 5 Taska The Children House No.53, Jalan Terasek, Bangsar baru, 59000 Kuala Lumpur.

My 2015 in review

So Stupid… not able to remmember my hubby HP no. Even more stupid.. . until now not even start to memorizing his no. Best day ever…   Penang trip!!!! best food best people and awesome memory! On replay…   All friends old episode.. my best detox moment Totally loving…   procrastinating all task... Never would have thought…   I able to complete the task that my boss gave to me, with minimal guidance. Really enjoying…   Instragraming time, early in the morning and my baby still sleeping... ahh Terrified of.. . late menstrual periode.. erm @_@ Hate…   stuck in lift with people with body odor Love the weather when.. . morning, after rain (perfect combo) Best age.. . Not really sure. Maybe this age??!!? Regretting…   Eating 8 bala bala for lunch, tepar because of gastric No time for…   Ironing clothes.. Always hungry for.. . street food, indonesian, malaysian, you name it.. all street food.. Always ready to travel to.. . Banduuunggg.. Kumaha damang? So disgust